Mengenal dan Memulai Desain dengan Photoshop


Gambar oleh Pixabay dari Pexels dan diedit oleh Adumedia

Apa itu Photoshop ?

Photoshop adalah software atau perangkat lunak yang dipergunakan untuk mengolah foto dan gambar menjadi lebih baik sesuai dengan apa yang diinginkan. Photoshop dikembangkan oleh perusahan Adobe Inc di California, Amerika sejak tahun 1982. Sebelum muncul website atau perangkat lunak yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), photoshop merupakan aplikasi sejuta umat untuk memanipulasi foto, teks, membuat dan mengubah foto maupun teks menjadi bentuk 3 dimensi bahkan animasi sampai sekarang.

Sebagai seorang praktisi di dunia desain grafis, kami sebagai penulis di website resmi CV ADUMEDIA belum dilahirkan di tahun berdirinya perusahan besar Adobe Inc tersebut. Sekarang fitur terbaru dari Photoshop sudah dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Artikel ini akan membahas dan memberikan panduan secara mendasar tentang Photoshop. Bukan hanya dalam bentuk tulisan melainkan akan disertakan video untuk mempermudah pemahaman dasar tentang photoshop.

Photoshop dapat digunakan di platform atau sistem operasi windows, mac bahkan ipad. Selain photoshop, adobe illustrator, adobe indesign ada juga adobe xd yang bisa digunakan sebagai perangkat lunak dalam pengolah foto, pembuat desain untuk banner, kartu nama dan lain lain. Mengapa penulis lebih memilih photoshop ? karena photoshop memiliki kemampuan pengolah foto dan gambar yang sangat baik.

Apa saja fitur di Photoshop ?



Dalam artikel ini akan dipaparkan 4 menu besar atau 4 menu inti yang wajib diketahui oleh seorang pemula di grafik desainer. Berikut ini akan Kami paparkan ke 4 menu tersebut

  1. Menubar, menu ini terletak di bagian atas dari workspace photoshop. Workspace atau ruang kerja ini dibagi menjadi berbagai kolom dan fitur. Kita akan sering menggunakan menubar jika akan memberikan efek cahaya, mengatur ukuran kertas/kanvas objek kerja, penggaris, snippet (garis bantu) dan lain lain. selengkapnya
  2. Toolbar Atas
  3. Toolbar Kiri
  4. Layer
Kami adalah CV yang bergerak di jasa desain, pembuatan website, software android/ios, animasi, editing video dsb.